Journal, Review, and Inspiration

Journal, Review, and Inspiration

Saturday, December 31, 2011

NEW YEAR RESOLUTION (FINANCIAL PART)

Financialy Wiser!!! i think i really need more wiser in my financial life. Gue merenung dan berfikir-fikir sejak pertengahan bulan Desember, secara finansial Alhamdulillah hidup gue baik-baik aja, cuma nggak juga membanggakan. Kenapa? karena menurut gue, setelah tiga tahun kerja tabungan gue segitu-segitu aja. planning lima tahun kedepan nggak ada, gue cuma nabung buat jaga-jaga. Jadi beneran nggak punya plan keuangan yang jelas. Selama ini gue ngerasa, I am to spoil my urge, gue menuruti semua napsu belanja gue begitu aja. Nggak juga punya waktu menimang-nimang ini sebetulnya benar-benar perlu atau enggak. Kalau gue ingin ya gue beli. Dalem hati gue selalu aja membela ego belanja gue itu dengan "beli dong ah, jangan kayak orang susah!" hahaha yu know what... but it works on me, it works to make me spending more cash, dan membuat gue geleng-geleng nggak berani liat tumpukan kertas-kertas transaksi atm gue di akhir bulan. 
Gue bukan penggila belanja yang gimana-gimana banget sih, tapi gue tipe orang yang kalo udah seneng  sama satu brand bakal setia, dan kadang-kadang gue suka nggak tau diri sama isi dompet. barang-barang yang gue beli juga pasti gue pake. jadi bukan kategori 'too impulsive buyer', mungkin masih sebatas 'impulsive buyer sometimes' hahahhaa...
Parahnya lagi, gue kadang-kadang menganggap Belanja itu terapi. Pernah suatu kali, gue sakaw belanja. Sanking stressnya kerja, ngadepin rekonsiliasi dan birokrasi Indonesia yang berbelit-belit ini, gue balik ke rumah tante yang di Jakarta dan langsung minta temenin belanja. You Know, kalau gue pribadi kenikmatan belanja itu bukan pas pake itu baju dan sepatu dan segalanya, kenikmatannya itu ada pada saat lo nge-gesek kartu di kasir atau bayar cash dikasir, lo tersenyum, kasir tersenyum dan lo membawa tentengan belanjaan lo keluar gerai, boutique, atau apalah itu namanya. Merasakan dalam hati lo, oke i have this one, oh yeah next store, i will have those cute item i saw on internet bla..bla..bla.. dan jadilah gue manusia konsumtif. 
Konsumtifitas gue akan barang-barang tertentu itu membuat gue akhir-akhir ini menyadari, bahwa keadaan finansial gue akhirnya kerdil, nggak tumbuh dan berkembang. Seperti semua orang yang bekerja, gue pasti kepingin punya keadaan finansial yang 'growing up' nggak statis segitu-segitu aja. Biasanya gue akan menghibur diri dengan 'ah keuangan gue baik-baik aja kok, tabungan ada, liburan bisa, belanja okey'. tapi toh at the end gue nggak bisa bohong sama diri gue sendiri bahwa keadaan keuangan gue nggak bergizi. gue harus mulai belajar balancing dan berhenti mengumbar napsu belanja hehehe ( Ya Allah please help i really need it)
So this is my first Resolution on this new year i am gonna be more wiser in my financial life.

2 comments:

  1. gampangnya ikut tabungan rencana aja, semacam deposito berjangka, yg otomatis debet dari rekeningmu, dalam jumlah tertentu untuk jangka waktu tertentu yang disepakati. atau ambil instrumen investasi yang retail kayak reksadana saham.

    semoga bisa jadi lebih bijak dalam mengatur keuangan (to me too. ahahah...).

    ReplyDelete
  2. ia, untungnya gw udah punya tabunga berjangka ya rik, mungkin perlu ditingkatkan jumlah nabungnya. belom berani main saham :D duit ngga seberapa cwiin hehehe

    ReplyDelete